Sejarah

SEJARAH SINGKAT

Wadjo Institute merupakan sebuah organisasi non pemerintah (Ornop) yang fokus pada peningkatan sumber daya manusia dan pengembangan potensi daerah. Wadjo Institute didirikan pada tanggal 11 Maret 2008 di Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan kemudian sah sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat  berbadan hukum pada Tanggal 7 Mei 2009 (berdasarkan Akta Notaris No. 8 yang diterbitkan oleh Notaris Andi Mindaryana Yunus, SH). Terbentuknya Wadjo Institute merupakan inisiatif dari beberapa aktivis dan akademisi yang dipelopori oleh Muhammad Mursyidin Arif dan Muhammad Aksha Wahda yang memiliki kesamaan pandangan bahwa pengembangan potensi suatu daerah dan besarnya suatu bangsa itu tergantung dari kualitas sumber daya manusia yang dimiliki.

Pada Musyawarah Besar I Wadjo Institute yang dilaksanakan pada tahun 2015 menyepakati arah dan konsep visi dan misi lembaga sebagai berikut “Terwujudnya Wadjo Institute sebagai lembaga pengembangan sumber daya manusia yang unggul, kredibel, akuntabel, independen, dan professional dalam rangka menciptakan masyarakat yang mandiri dan sejahtera”. Adapun misinya yakni; 1) Mewujudkan sistem informasi dan komunikasi yang terbuka dan demokratis serta menjadi bank/pusat data yang akurat bagi masyarakat. 2) Melakukan studi dan kontrol sosial terhadap kebijakan pemerintah dan kepentingan-kepentingan publik. 3) Melaksanakan program-program pengkajian, pendampingan, pengembangan sumber daya manusia dalam rangka penguatan jaringan masyarakat sipil.

Dalam perjalanannya kemudian anggota Wadjo Institute semakin bertambah dan berkembangan dengan berbagai catatan perjalanan program yang berkaitan dengan pengembangan SDM di Sulawesi Selatan secara umum dan di Kabupaten Wajo secara khusus. Untuk memperluas jejaring lembaga di Propinsi Sulawesi Selatan, saat ini Wadjo Institute bergabung sebagai salah satu lembaga anggota di Forum Informasi dan Komunikasi Organisasi Non Pemerintah Sulawesi Selatan (FIK ORNOP Sul Sel). Adapun program-program yang dilaksanakan fokus pada isu-isu di sektor pendidikan, kesehatan, sosial budaya, lingkungan hidup dan politik. Selain itu, beberapa program-program kemitraan yang dilaksanakan dengan bekerjasama Pemerintah baik ditingkat lokal, regional, nasional maupun program kerjasama internasional. Selain itu, adapun jejaring Wadjo Institute di Kabupaten Wajo saat ini yakni; memiliki beberapa Koordinator Wilayah (Korwil) di beberapa kecamatan di Kabupaten Wajo dan lembaga khusus antara lain; 1) Rumah Kreatif Ogie Wajo, 2) Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Nurul Hidayah dan, 3) MATOWA News (Media To Wajo). 4) Pusat Studi Rakyat (PSR).

Dari berbagai macam pengalaman yang telah dilalui hingga saat ini. Wadjo Institute diharapkan dapat terus maju dan berkembang menjadi sebuah lembaga yang mandiri dengan sistem tata kelola lembaga yang unggul, kredibel, akuntabel, independen, dan profesional sekaligus menjadi suatu wadah perjuangan bagi masyarakat dalam peningkatkan SDM bangsa Indonesia secara umum.