Pusat Studi Rakyat (PSR)

logo-psr

APA ITU PUSAT STUDI RAKYAT (PSR)?

Pendirian PUSAT STUDI RAKYAT (PSR) WADJO INSTITUTE ditiap desa di Kabupaten Wajo ini merupakan sebuah konsep atau gagasan yang ditawarkan oleh WADJO INSTITUTE dalam upaya meningkatkan kualitas pembangunan di Kabupaten Wajo. PUSAT STUDI RAKYAT (PSRWADJO INSTITUTE memiliki program di bidang pengembangan ekonomi kreatif, pelestarian adat budaya dan lingkungan hidup. Komunitas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan/ kapasitas “Generasi Muda Desa” (GenMuDa) dalam mengelola sumber daya dan mengembangkan potensi wilayah (daerah) secara mandiri dan berkelanjutan.

Kehadiran PUSAT STUDI RAKYAT (PSR) WADJO INSTITUTE ini tentunya tidak sekedar untuk menambah daftar lembaga / komunitas yang ada di masyarakat saat ini namun jauh lebih dari itu PUSAT STUDI RAKYAT (PSR) WADJO INSTITUTE ini akan menjadi salah satu solusi dalam membangun sinergi antara Pemerintah, Lembaga Pendidikan, Pihak Swasta dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dalam peningkatan kualitas pembangunan yang selama ini dinilai kurang efektif.

“Generasi Muda” (GenMuDa) merupakan salah satu harapan yang dimiliki oleh Bangsa ini. Olehnya itu, dibutuhkan suatu upaya bersama untuk menjaga dan mewujudkan “Generasi Muda” yang dapat menjadi pemimpin pada masanya dan memiliki daya saing yang tinggi.

 

Bagaimana Visi Misinya?

Visi:

Menumbuhkan kemampuan/kapasitas “Generasi Muda” (laki laki dan perempuan) dalam mengelola/mengembangkan sumber daya dan potensi wilayah (daerah) secara mandiri dan berkelanjutan.

Misi:

  1. PSR merupakan wadah berkumpul atau pusat belajar rakyat yang berfungsi untuk menumbuhkan kesadaran, pemahaman dan pengetahuan “Generasi Muda” (laki laki dan perempuan).
  2. PSR merupakan wadah pencetak “Pemimpin-Pemimpin Muda” (laki laki dan perempuan) yang mandiri, produktif, kreatif, dan inovatif dalam mengelola sumber daya dan potensi daerahnya.
  3. PSR merupakan wadah berkumpul atau pusat belajar rakyat dalam mengembangkan bakat dan minat “Generasi Muda” (laki laki dan perempuan).
  4. PSR merupakan pusat informasi dan komunikasi masyarakat berbasis kewilayahan.

 

Program Pusat Studi Rakyat (PSR)

  1. Menyelenggarakan Kelas Belajar Rakyat di desa-desa sebagai suatu alternatif pendidikan rakyat
  2. Pembinaan bakat/minat warga khususnya pada bidang pengembangan ekonomi kreatif, pelestarian adat budaya dan lingkungan hidup.
  3. Pelatihan dan pendidikan kerakyatan
  4. Mendorong warga untuk membentuk / mengembangkan usaha rakyat untuk memperkuat ekonomi lokal

 

Apa yang telah dikerja Pusat Studi Rakyat (PSR)?

Saat ini Wadjo Institute telah melahirkan 3 (tiga) Pusat Studi Rakyat (PSR) WADJO INSTITUTE di wilayah Kec. Maniangpajo, Kec. Tanasitolo dan Kec. Tempe. PSR ini memiliki 3 tiga desa dampingan (Desa Mattirowalie, Desa Mannagae dan Kel. Atakkae) dan membentuk 4 Kelas Belajar Rakyat (KBR) yakni Kelas Desain Seni Grafis (desain dan sablon), Kelas Kesenian Rakyat, Kelas Budidaya Tanaman, Kelas Kriya Logam dan Kelas Menenun. Masing masing kelas didampingi dan dibina oleh Relawan Rakyat yang profesional dan berpengalaman.

Apa yang telah dihasilkan Pusat Studi Rakyat (PSR)?

   

  

 

 

Lebih Lengkapnya KLIK di sini 

https://web.facebook.com/psrwi atau https://web.facebook.com/PusatStudiRakyat/