FIK ORNOP DAN WADJO INSTITUTE TAWARKAN PROGRAM KE PEMDA WAJO

Sambutan Wakil Bupati Wajo, Andi Syahrir Kube Dauda

Salah Satu tujuan dari UU Desa No.6 Tahun 2014 adalah bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui penyediaan pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana desa, pengembangan potensi ekonomi lokal dan pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan.

Beberapa fakta dan senantiasa berulang-ulang ditingkat desa mau pun di tingkat pemerintahan yang lebih tinggi seperti kabupaten/kota menunjukan bahwa data tidak tersedia dengan baik. Salah satu contohnya, ketika berlangsungnya pemberian beberapa bantuan, seperti pembagian beras miskin (raskin), bantuan pendidikan dan kesehatan masih didapati tidak tepat sasaran.
Olehnya itu, melalui Forum Informasi Komunikasi Non Pemerintah (FIK ORNOP) Sulsel  bekerjasama dengan Wadjo Institute dan Masagena Center menawarkan sebuah program yang diberi nama “Program Peningkatan Kualitas Pembangunan dan Pemberdayaan di Tingkat Desa dengan Menyiapkan Ketersediaan Data Kualitatif dan Kuantitatif Secara Partisipatif, Transparan dan Akuntabel.

Dalam acara sosialisasi program tersebut yang dilaksanakan di aula Kantor Bapedda Kabupaten Wajo, tanggal kamis 3 Maret 2016. Koordinator FIK ORNOP Sulsel, Asram Jaya, menyampaikan bahwa tujuan dari program ini adalah untuk memperkenalkan program dan menyampaikan tujuan dari program kepada stakeholder ditingkat desa. Sasarannya pada dua desa yang saling berdekatan yang berada di masing-masing Kabupaten. Kegiatan ini berlangsung selama setengah hari di hadiri oleh Pemerintah Desa dan stakeholder ditingkat desa. Lebih lanjut dijelaskan bahwa “Program ini didanai oleh HIVOS-MAVC dan akan berjalan selama setahun”.

Sementara itu yang hadir dalam acara pembukaan kegiatan tersebut yakni Wakil Bupati Wajo, Andi Syahrir Kube Dauda. Dalam sambutannya menawarkan bahwa “apabila kegiatan ini sukses dan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan maka kami Pemerintah Daerah siap untuk menduplikasi program ini untuk desa desa di Kabupaten Wajo” tutupnya. (tim wi)

Comments are closed.